Sunday, November 6, 2016

Pinasthika 2016: Awake On!!

Bagi para penikmat pariwara, Pinasthika adalah salah satu acara yang rasanya tidak boleh dilewatkan. Bersama dengan Caraka dan Citra Pariwara, Pinasthika masuk ke dalam agenda wajib hadir para insan pariwara. Ketiganya selalu menjadi benchmark bagi pelaku industri kreatif. Kurang afdol rasanya diri ini menyandang status sebagai pelaku periklanan, jika belum pernah berlaga di panggung Pinasthika, Caraka ataupun Citra Pariwara.

Saya, sebagai orang yang mengaku sebagai advertising enthusiast, tentu juga mendambakan untuk bisa mendapatkan sorot lampu pada panggung Pinasthika. Yang sayangnya hingga tahun ini belum bisa saya dapatkan. Tetapi justru tahun ini saya mendapatkan sebuah kesempatan emas untuk terlibat di dalam Pinasthika 2016 sebagai pengisi acara pada acara “Student Day”. Saya terpilih untuk sharing pengalaman dalam membangun agency saya sendiri yang bernama It’s Banana.



Pinasthika 2016, dipenuhi oleh para peminat pariwara. Rasanya saya jadi mengerti kenapa acara yang satu ini begitu ditunggu oleh banyak orang. Sejak awal saya tiba di lokasi, atmosfer kreatif sungguh sangat terasa. Sejauh mata memandang, saya melihat orang-orang yang sangat berminat dengan dunia kreatif dan periklanan. Telinga ini dipenuhi oleh obrolan-obrolan mengenai iklan yang dilontarkan oleh nyaris seluruh orang di lokasi acara. WOW. Luar biasa!!

Selama mengikuti rangkaian acara Pinasthika 2016, saya mendapatkan banyak insight dari seminar yang diadakan. Mulai dari paparan mengenai trend dari Muhammad Faisal (Indonesia Youth Lab) hingga belajar menjadi janggal bersama Dedy Vansophie (BukaLapak), dan materi-materi lainnya. 

Bagi saya, Pinasthika memberikan saya dua pelajaran. Yang pertama, Pinasthika menyadarkan saya bahwa di atas langit masih ada langit. Bertemu dengan begitu banyak orang hebat di bidang periklanan membuat saya sadar betapa kecilnya saya saat ini. Masih ada begitu banyak hal yang harus saya pelajari. Saya masih harus berkembang untuk bisa survive di dunia periklanan ini. Mengingatkan saya untuk tidak mudah puas dan besar kepala. Yang kedua, saya semakin mengerti arti penting menjalin koneksi. Di Pinasthika saya bertemu dengan begitu banyak orang dengan berbagai macam latar belakang dan pengalaman. Saat ini, saya mungkin hanya berkenalan dengan mereka. Mungkin hanya sebatas bertukar kartu nama sambil menikmati secangkir kopi di Starbukcs. Namun, entah apa yang akan terjadi di kemudian hari. Bisa saja, pertukaran kartu nama itu menjadi salah satu jalan bagi perkembangan karir saya. Who knows? Semangat kolaborasi ini yang coba disampaikan oleh Pinasthika tahun ini, tercermin jelas pada kalimat berikut:
"Mulai berkarya dengan penuh kesadaran, kemudian lakukan yang mungkin lewat kolaborasi & tiba-tiba kita akan bisa melakukan hal yang mustahil bersama-sama #AwakeON"


Pinasthika 2016 sungguh sangat menginspirasi. Semoga saya selalu berkesempatan untuk hadir di tahun-tahun berikutnya. Siapa tau sebagai finalis :)

2 comments: